Di Harapkan Dapat Mempertahankan Investor Yang Sudah Ada Di Papua

     Wamena - Dialog Investasi dan temu usaha sektor terpadu se- Provinsi Papua tahun 2014 yang berlangsung selama dua hari (25-26 Juni 2014). Secara resmi ditutup Bupati Jayawijaya. Wempi Wetipo, SH. MH. Yang diwakili oleh Asisten II Bagian  Administrasi Umum Gaad  Piranid Tabuni. SP. MM. dengan menghasilkan  29 (dua puluh sembilan) Rumusan hasil dialog  Investasi dan temu  usaha sektor terpaduGaad Tabuni mengatakan bahwa,  pengembangan investasi di daerah Jayawijaya sangat penting dimana kedepannnya Wamena sebagai pusat Ekonomi  di pegunungan tengah dari 8 kabupaten yang ada dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

   Selain itu juga sebagai tempat transit, sehingga pertumbuhan dan investasi kedepannya sangat dibutuhkan, karena didaerah terisolasi ini transpotasi hanya menggunakan udara dan hal itu atau fasilitas tersebut sangat menghambat perkembangan pembangunan serta harga barang yang sangat mahal
Sehingga dengan hasil rapat ini dapat menjadi acuan dalam pembangunan investasi, SDM Papua harus berkiprah khususnya KADIN yang menjadi mitra kerja pemerintah, sehingga keputusan –keputusan dari dialog ini dapt dijalankan dengan baik.
   Kepala Badan perijinan terpadu dan penanaman modal Provinsi Papua, Jhon Way, S.HHUT, M.Si. mengatakan bahwa, untuk mendorong percepatan pembangunan di Provinsi Papua guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi perlu meningkatkan kegiatan investasi untuk membangun papua yang sangat besar dan kaya potensi, kalau hanya dengan dana pemerintah tidaklah cukup. Oleh karena itu kegiatan investasi seharusnya menjadi tulang punggung pembangunan di Provinsi Papua.
   Program investasi selain mendatangkan investor baru maka yang lebih penting lagi adalah meningkatkan realisasi investasi termasuk bagaimana mempertahankan investor yang sudah ada di papua.
Banyak permasalahan yang dihadapi dan menimbulkan ketidaknyamanan investor dalam berinvestasi di Papua, perlu mendapat perhatian yang serius untuk penanganannya oleh pemerintah daerah.
   Dari hasil rumusan hasil dialog investasi tersebut menghasilkan 29 rumusan berdasarkan arahan gubernur papua serta hasil diskusi peserta selama dialog salah satunya yaitu, pelaksanaan dialog dan temu usaha sektor terpadu, merupakan ivent yang sangat penting dan strategis pada tahun yang akan datang, perlu keterlibatan KADIN (Kamar Dagang Indonesia)  sebagai institusi para pelaku usaha guna memberikan informasi aktual yang terkait dengan, hambatan dan kendaladunia usaha serta konperhensip untuk bahan masukan bagi pemerintah daerah.
    Setiap Kabupaten/Kota agar segera membentuk badan pelayanan terpadu satu pintu sesuai perpres No.27 Tahun 2009, tentang PTSP dan surat edaran bersama mendagri, Mentri pendayagunaan Aparatur Negara dan Kepala BKPM RI. Paling lambat Tahun 2013.
    Dalam rangka penyelesaian permasalahan investasi didaerah maka, perlu dibentuk task force yang melibatkan seluruh SKPD teknis terkait investasi dan bertanggung jawab langsung kepada Gubernur sebagai media resolusi konflik permasalahan perizinan pengelolaan SDA di Papua.

 

 

 

    Cari Berita

    Pengumuman

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 tambah 3 hari

    top