Buah Merah Akan Diusulkan Dapat Sertifikasi Indikasi Geografis

    Wamena - Pertemuan Konsolidasi Struktur Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) dan Pemantapan Teknis Kegiatan Indikasi Geografis kopi Baliem Papua yang berlangsung diAula Bapeda secara resmi dibuka Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo. SH, MH. Yang diwakili Asisten II Bagian  Administrasi Umum Gaad Piranid Tabuni, SP.MM.
   

    Kegiatan tersebut diikuti oleh Komisi B DPRD Kab. Jayawijaya, Kementrian Dinas Pertanian dan para Petani Kopi di kabupaten Jayawijaya dan kepala dinas pertanian dan perkebunan kab. Jayawijaya. Dalam rangka meningkatkan daya saing produk pertanian unggulan berorientasi ekspor, maka salah satu upaya penting yang dipandang perlu adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya indikasi Geografis
Tahun 2010 pemerintah melalui kementrian Hukum dan Ham telah menerbitkan setidaknya empat sertifikat indikasi geografis bertepatan dengan peringatan hari Hak kekayaan intelektual (HAKI) sedunia pada April 2010, yaitu terhadap tiga produk indikasi geografis lokal dan satu produk permohonan dari luar negri.
   Ketiga produk yang telah mendapat sertifikat indikasi geografis tersebut adalah kopi Gayo dari propinsi Aceh, lada putih muntok dari propinsi Bangka Belitung, dan produk dari luar negri berupa Champagne (Anggur) dari Negara Prancis dan Peru. Demikian disampaikan Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo. SH. MH. Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten  II bagian Administrasi Umum Gaad Piranid Tabuni, SP.MM.
   Sertifikasi indikasi geografis adalah salah satu sertifikasi produk yang dilakukanmelalui penandaan berdasarkan daerah asalnya dan dikaitkan dengan kualitas, reputasi atau karakteristik yang sesuai dengan asal geografis barang tersebut, sertifikasi ini dilakukan melalui proses pendaftaran dikantor kementrian Hukum dan Ham.
   Dengan menampilkan produk Baliem sebagai salah satu produk andalan dari papua tidak tertutup kemungkinan, kedepan nantinya kita akan memunculkan Buah Merah atau Buah Surga sehingga diusulkan untuk dapat Sertifikasi IG.
    Sertifikasi  Indikasi Geografis (IG) bertujuan untuk perlindungan terhadap keaslian produk, Mutu, nilai tambah dan juga terhadap pengembangan pedesaan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

 

 

    top