Sosialisasi Permendagri No 59

 

 

 

WAMENA–Dinas Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jayawijaya menggelar sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang pengelolaan keungan daerah bagi seluruh bendahara SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, di Sasana Wio Kantor Bupati Jayawijaya, Senin (13/5/2013).
Kegiatan sosialisasi tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH yang diwakili oleh Plt.Sekda Kabupaten Jayawijaya Yohanes Walilo, S.Sos, M.Si.

Bupati Kabupaten Jayawijaya dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt. Sekda Kabupaten Jayawijaya Yohanes Walilo mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut untuk memberikan bekal pengetahuan, kemampuan dan bekal keterampilan dibidang pengelolaan keuangan serta membangun kesamaan presepsi tentang pengelolaan keungan, dengan mengacu pada Permendagri nomor 59 tahun 2007 dan peraturan pemerintah nomor 58 tahun 2005 serta berbagai regulasi yang ada.
Menurutnya, keuangan merupakan suatu aspek penting dalam mekanisme manajemen pemerintahan yang diaplikasikan dalam pelaksanaan koordinasi dan pengawasan maupun efektivitas sasaran yang harus dilaksanakan secara professional dan transparan.
“Kegiatan ini memiliki nilai strategis, karena dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalisme bendahara dan PPK-SKPD yakni meningkatkan stabilitas pengelolaan anggaran pada satuan kerja dan meningkatkan stabilitas pemerintahan,”jelasnya.
Dikatakan, bendahara merupakan ujung tombak mewujudkan akuntabilitas penggunaan anggaran, sehingga pengetahuan, keterampilan dan sikap seorang bendahara harus baik dan perlu didorong orang pengetahuan yang baik.
“Kita sangat dituntut untuk bertanggung jawab dengan kompetensi, dedikasi serta integritas yang baik,”tegasnya.
Sekda berharap, setelah kegiatan tersebut, bendahara dan PPK-SKPD harus lebih memahami tugas atau wewenang yang dipercayakan, terutama dalam menyusun administrasi laporan keungan.
“Saya berharap, agar para bendahara memiliki landasan sikap mental yang baik, jujur serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap pengelolaan keungan dana APBD dan sumber dana lain, sehingga dana yang diterima dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan alokasi yang ditentukan,”harapnya.
Sekadar diketahui, kegiatan ini akan diselenggarakan selama tiga hari, sejak hari Senin (13/5/2013) hingga Rabu (15/5/2013). Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi ini dari setiap bendahara dan PPK-SKPD di masing-masing SKPD yang ada di Kabupaten Jayawijaya. (ely/hpp)

sumber: http://harianpagipapua.com

 

 

 

    top