Pemda Jayawijaya Ajak PHH Jaga Budaya Lokal dan Persatuan Warga Hubula

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengajak seluruh pengurus dan anggota Persatuan Hubula Humi (PHH) untuk memperkuat budaya lokal dan menjaga persatuan di antara warga suku Hubula.

Hal ini disampaikan Pj.Bupati dalam  sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati, Agus Purwanto, saat menghadiri acara Pelantikan Badan Pengurus PHH Periode 2024-2029 Kabupaten Jayawijaya pada Selasa (22/10/2024).

Pelantikan Badan Pengurus PHH periode 2024-2029 Kabupaten Jayawijaya pada Selasa (22/10/2024).

Foto : Protokol Pemda Jayawijaya

Pemda Jayawijaya juga mengucapkan selamat kepada pengurus baru yang telah resmi dilantik dan berharap nantinya dapat mengemban tugas dengan baik untuk kemajuan organisasi.

Selain itu staf ahli Bupati juga menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan budaya lokal suku Hubula yang berada di Lembah Baliem dan sekitarnya.

“Pelantikan hari ini menandakan kesiapan serta langkah awal bagi saudara sekalian untuk menjalankan program-program yang tepat bagi perkembangan organisasi ini,” ungkap  Agus Purwanto.

Menurutnya, suku Hubula merupakan kelompok besar yang menghuni dataran Lembah Baliem, dan PHH diharapkan menjadi wadah untuk menyatukan seluruh warga suku Hubula baik yang berada di Jayawijaya maupun yang tersebar di daerah lain.

“Dengan terbentuk dan dilantiknya Badan Pengurus hari ini, diharapkan dapat mengangkat kembali makna hidup bersama suku Hubula di Lembah Baliem, mempertahankan warisan budaya nenek moyang, dan menjaga silimo sebagai budaya praktek hidup bersama,” tambahnya.

Ia juga mengingatkan bahwa budaya luar dan pengaruh modernisasi yang semakin berkembang dapat mengancam keberlanjutan budaya lokal. Oleh karena itu, peran PHH dalam menanamkan pendidikan budaya sejak usia dini sangat penting untuk menjaga kelangsungan budaya Hubula.

"Kehidupan modern saat ini sangat besar pengaruhnya bagi anak-anak kita, karena lebih menarik dan mudah diikuti dibandingkan dengan budaya lokal. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya pengetahuan serta gaya hidup budaya lokal tersebut,” terangnya.

Pada kesempatan itu atas nama Pemerintah dirinya berharap agar PHH selalu menjalin koordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memastikan program-program yang direncanakan dapat berjalan secara maksimal.

Acara pelantikan Badan Pengurus PHH periode 2024-2029 ini berjalan dengan lancar dan dihadiri oleh Perwakilan LMA Kabupaten Jayawijaya, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, dan tokoh Perempuan Jayawijaya. (AW/Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top