Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya gelar Rapat Koordinasi Awal GTRA Tahun 2024

Wamena - Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya menggelar Kegiatan Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya Tahun 2024 di Sasana Wio I Kantor Bupati Jayawijaya, Selasa (15/10/24).

Dalam kegiatan tersebut, hadir Pj. Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd., MM bersama beberapa kepala OPD Kabupaten Jayawijaya.

Ketua Panitia kegiatan, Ludvina R. D. Ameng, S.H mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dibuat sebagai sarana untuk membahas dan menyelaraskan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka pelaksanaan Reforma Agraria di Kabupaten Jayawijaya guna mendorong pembangunan dalam berbagai sektor yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Pj Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd., MM bersama Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya Baharudin Tuharea, S.SiT dan beberapa kepala OPD Kabupaten Jayawijaya di Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya Tahun 2024

Foto : Agris Wistrijaya

“Hasil yang ingin dicapai dari kegiatan Rapat Koordinasi adalah Kesepahaman dan kesepakatan bersama mengenai arah kebijakan dan penanganan Reforma Agraria serta penguatan kapasitas pelaksanaan Reforma Agraria di Kabupaten Jayawijaya yang dituangkan dalam berita acara kesepahaman dan kesepakatan bersama mengenai arah kebijakan dan penanganan Reforma Agraria”, ungkap ketua Panitia Pelaksana Kegiatan.

Dalam sambutan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya, Baharudin Tuharea, S.SiT mengungkapkan bahwa Reforma Agraria adalah penataan kembali struktur penguasaan, kepemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah yang lebih berkeadilan melalui penataan aset dan disertai dengan penataan akses untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Jayawijaya.

“Reforma Agraria juga merupakan salah satu tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada seluruh kementerian dan lembaga untuk mempercepat pembangunan kesejahteraan di Kabupaten Jayawijaya”, ungkap Kepala Kantor Pertanahan.

Dijelaskan lagi oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya,  tujuan utama dari Reforma Agraria di Kabupaten Jayawijaya ini adalah untuk mengurangi ketimpangan penguasaan dan pemilikan tanah, menangani sengketa dan konflik agraria, menciptakan sumber kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat yang berbasis agraria, memastikan keadilan redistribusi tanah dan memperkuat kedaulatan ekonomi masyarakat, termasuk masyarakat hukum adat yang ada di Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Jayawijaya, Baharudin Tuharea, S.SiT saat memberikan sambutannya di Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya Tahun 2024

Foto : Agris Wistrijaya

“Sasaran Reforma Agraria yang kita bahas hari ini mencakup pemantapan hak tanah ulayat masyarakat hukum adat di Kabupaten Jayawijaya,  Hal ini sangat krusial mengingat nilai strategis tanah ulayat dalam kehidupan dan identitas budaya masyarakat di Kabupaten Jayawijaya”, ungkapnya.

“Dalam pelaksanaan Reforma Agraria banyak sekali tantangan yang ditemukan, oleh karena itu Presiden Joko Widodo menerbitkan peraturan baru tentang Reforma Agraria demi percepatan Reforma Agraria, yaitu Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria”, ungkap Kepala Kantor Pertanahan.

Selain itu dikatakannya juga Pemerintah Pusat mengeluarkan Peraturan Menteri ATR/BPN Nomor 14 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Administrasi Pertanahan dan Pendaftaran Tanah Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat.

Baharudin Tuharea, S.SiT  mengungkapkan bahwa Kedua peraturan tersebut menjadi landasan kuat dalam percepatan penataan aset dan penataan akses tanah ulayat. Melalui regulasi ini, pemerintah berkomitmen untuk memastikan bahwa hak-hak masyarakat hukum adat harus dilindungi, diakui secara adil dan diberdayakan secara ekonomi melalui kepemilikan dan pengelolaan yang berkelanjutan. 

Kegiatan yang dilaksanakan di Sasana Wio I ini juga menghadirkan Narasumber dari Universitas Gadjah Mada, Kepala Bappeda Kabupaten Jayawijaya, serta ketua Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Jayawijaya. (AgW/YUS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top