Pj Bupati Jayawijaya Hadiri Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Penjabat Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd., MM membuka Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya Tahun 2024 bertempat di Sasana Wio I, Kantor Bupati Jayawijaya, Selasa (15/10/24).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Jayawijaya mengungkapkan bahwa pelaksanaan reforma agraria saat ini diatur dalam Peraturan Presiden (PERPRES) nomor 62 tahun 2023 tentang percepatan pelaksanaan reforma agraria.

Penjabat Bupati Jayawijaya Thony M. Mayor, S.Pd., MM membuka Rapat Koordinasi Awal Gugus Tugas Reforma Agraria Kabupaten Jayawijaya Tahun 2024.

Foto : Agris Wistrijaya

Pj. Bupati Jayawijaya juga mengatakan bahwa pentingnya reforma agraria ini karena berbagai alasan yang berkaitan dengan ketidaksetaraan dalam kepemilikan dan pemanfaatan tanah, sehingga melalui program reforma agraria diharapkan dapat mengurangi ketidaksetaraan kepemilikan tanah,  mengurangi kemiskinan di pedesaan, meningkatkan produktivitas pertanian, mencapai keadilan sosial, mendorong pengembangan wilayah, membantu keberlanjutan lingkungan, dan  berkontribusi terhadap ketahanan pangan.

“Jika diimplementasikan dengan baik, program pemerintah ini dapat menjadi instrumen yang kuat untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan menciptakan masyarakat yang lebih adil dan seimbang”, ungkap Pj. Bupati Jayawijaya

“Namun demikian, kita tahu bahwa proses ini juga dapat menimbulkan tantangan dan kontroversi, tergantung pada kondisi sosial, politik, dan ekonomi setempat”, ungkapnya.

Selain itu Pj. Bupati Jayawijaya juga mengatakan bahwa pemerintah pusat membentuk tim untuk mensukseskan program ini, yaitu tim Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA), mulai dari tingkat pusat, Provinsi hingga Kabupaten.

“Hari ini, kita semua hadir di tempat ini, sebagai tim GTRA Kabupaten Jayawijaya dengan tujuan untuk memperkuat sinergitas dalam rangka pemetaan hak ulayat masyarakat hukum adat guna percepatan pelaksanaan reforma agraria di Kabupaten Jayawijaya”, ungkapnya.

Pj. Bupati Jayawijaya mengajak kepada seluruh anggota tim yang terlibat untuk dapat berdiskusi, berkoordinasi, dan berupaya secara bersama, menyatukan pikiran dan pandangan kita masing-masing, terkait dengan permasalahan tanah hingga pemetaan hak ulayat yang sering terjadi di Kabupaten Jayawijaya demi keberhasilan pelaksanaan program Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Kabupaten Jayawijaya.

“Saya berharap agar seluruh rangkaian kegiatan hari ini dapat berjalan dengan baik, dan seluruh peserta rapat dapat dengan serius mengikuti setiap materi yang akan disampaikan, untuk selanjutnya dapat dibahas dan didiskusikan bersama-sama, sehingga diakhir dari rakorwal ini, kita dapat menentukan langkah-langkah strategis dari tim GTRA Kabupaten Jayawijaya dalam melaksanakan tugasnya, dalam rangka mensukseskan program prioritas pemerintah demi kesejahteraan masyarakat. (AgW/YUS)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top