PEMKAB Jayawijaya Menghadiri Giat Penanaman 1000 Pohon Alpukat, Menolong Ekonomi Masyarakat Bpiri

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, PJ Bupati Thony M Mayor,S.Pd.,MM bersama rombongan menghadiri kegiatan Penanaman 1000 Pohon Alpukat, yang berlokasi di Kampung Iriliga Distrik Bpiri Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (10/10/2024).

Pemkab Jayawijaya Menghadiri Giat Penanaman 1000 Pohon Alpukat, Menolong Ekonomi Masyarakat Bpiri

Foto : Brian Windesi

PJ Bupati mengatakan dalam sambutannya bahwa “Kenapa saya ingin turun kalau kelompok Tani mengundang, saya ingin supaya pada kesempatan ini saya juga menghimbau untuk kita semua karena, kan kita mungkin selama ini dengar, kita ini Kabupaten induk tapi kita masuk dalam kategori kemiskinan ekstrim. Saya sebagai anak papua saya tersinggung, orang miskin itu berarti orang tidak mempunyai tanah untuk berkebun, berarti kita ini sudah parah sekali, jangan karena mendapat BLT, bantuan Raskin terus kita turunkan kita punya derajat orang papua saya tidak setuju, kita tidak miskin tetapi kita ini kaya. Yang selalu saya bilang kita miskin itu pengetahuan, pendidikan. Karena kita menyadari kita masih kurang pendidikan, kita sekolah tetapi masih terbatas. Nah ini yang saya senang, apalagi kelompok tani yang di sini selain kita lihat dari kondisi tanah ini cocok supaya untuk kita tanam tanaman apa, misalnya kita bisa tanam tanaman untuk kebutuhan pokok seperti Hipere (Ubi) dan lain-lain, tetapi kita juga isi dengan tanaman-tanaman produksi lain yang bisa kita pasarkan untuk menolong ekonomi masyarakat di kampung dan di distrik ini, terutama tanaman Alpukat ini. Jadi selama ini banyak orang yang cari alpukat dari jayapura minta ke wamena. Apalagi kita disini punya potensi, Alpukat di daerah ketinggian kita ini kualitasnya bagus. Ditambah lagi perkembangan di kota saat ini, hotel-hotel, cafe-cafe, warung-warung makan yang besar-besar, selain orang masuk di warung orang minum kopi, orang biasa juga minta Jus Alpukat, ini merupakan peluang untuk kita. Jadi hari ini saya bersyukur, kita bisa laksanakan penanaman 1000 pohon Alpukat, jadi selain kita tanam kita punya hipere, keladi, kita juga tanam Alpukat karena kedepan nanti akan berkembang terus, kita bisa pasarkan kita punya hasil ini ke luar Wamena bahkan keluar Papua. Saya sangat memberikan apresiasi dan terimakasih kepada semua masyarakat di sini terutama kelompok tani yang melihat hal ini.

Pemkab Jayawijaya Menghadiri Giat Penanaman 1000 Pohon Alpukat, Menolong Ekonomi Masyarakat Bpiri

Foto Udara : Brian Windesi

Terus ungkap Beliau “ Kita tahun ini, kita tahu bahwa tahun ini kita sudah laksanakan Pilpres legislatif untuk Presiden dan Wakil Presiden Februari lalu, sekarang kita 27 November nanti ini kita akan melaksanakan Pemilukada baik Provinsi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serentak semua. Yang selalu saya turun dan saya himbau untuk mari kita jaga keamanan, karena Tahun ini kita punya dana sangat besar kita keluarkan untuk Pemilu, sehingga saya berharap supaya mari kita sukseskan Pemilukada ini agar berjalan aman tanpa ada masalah, supaya kemudian kita bisa membangun kita punya tempat ini lebih baik.

Kemudian lanjut tutur Beliau bahwa “kondisi jalan memang kurang bagus ya, jembatan ada yang putus sehingga kita harapkan, kita berdoa bersama-sama karena kita Kabupaten Jayawijaya tidak bisa berjalan sendiri, kita sekarang bersyukur karena kita sudah punya Provinsi Papua Pegunungan, ke depan ya, kita akan sama-sama kolaborasi untuk bagaimana meningkatkan jalan ini, karena kalau jalan rusak kita kan akses keluar masuk, bagaimana petani mau jualan ke pasar kalau jalan kita mobil tidak bisa masuk, jadi kita usahakan untuk bisa tahun depan 2025, ya mudah-mudahan kita kerja secara bertahap beberapa kilo meter duluan. Tetapi mungkin yang kita prioritaskan adalah jembatan dulu, karena kalau jalan ini jadi tapi jembatan putus juga kendaraan tidak bisa lewat, jadi tadi kepala dinas PU sudah lihat dan sudah lapor saya, bapak jembatan sudah masuk untuk APBD Induk Tahun 2025. Lanjut tutur beliau “ Saya berharap dan mengajak kepada petani dan kaum muda mudi untuk bekerja membantu orang tua kita di kampung untuk meningkatkan ekonomi mereka sendiri. Jadi ini kan menanam memanfaatkan lahan yang ada. Kita di sini kalau kita bilang kita lapar itu karena kita malas untuk bekerja, kita sudah punya lahan, tanah yang subur Tuhan sudah berikan tetapi sekarang bagaimana kita mengolah sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga kita”. (BW/FE)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top