Roberth Rouw Resmikan Rusun : Ini Wujud Aspirasi Pimpinan Daerah dan Masyarakat Jayawijaya

WAMENA - Rumah Susun (Rusun) milik Pemerintah Daerah Jayawijaya resmi ditempati ASN, ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Penjabat Bupati Jayawijaya Thony Mayor,S.Pd.,MM dan dilanjutkan dengan pembukaan pintu rusun oleh Anggota DPR RI Dapil Papua Pegunungan, Roberth Rouw, pada Selasa (08/10/2024).

Rusun ASN milik Pemda Jayawijaya

Foto : Brian Windesi

Pembangunan rusun tiga lantai milik Pemda Jayawijaya ini dibangun menggunakan anggaran tahun 2021-2022, pembangunan sempat terhenti namun dilanjutkan kembali menggunakan alokasi anggaran tahun 2023-2024. Tipe unit di rusun yakni tipe 36, dilengkapi ruang tamu, dua kamar tidur, satu kamar mandi, dan dapur. Rusun 44 unit ini dibangun di daerah Moai Distrik Hubikiak merupakan rusun tipe baru yakni tanpa balkon.

“Ini wujud dari aspirasi yang disampaikan oleh pimpinan daerah kepada anggota dewan dan hari ini kita bisa liat, bukan cuman ini, masih banyak lagi yang sudah kami lakukan tetapi kami tidak pernah selalu harus berbicara untuk mencari popularitas dengan semua program-program itu. Yang penting bagaimana masyarakat dan pemerintah daerah itu bisa mendapat manfaat atas posisi kami sebagai wakil rakyat yang memang mendapat mandat dan bersumpah di dalam sumpah jabatan kami untuk memperjuangkan aspirasi daerah,” ungkap Roberth Rouw Anggota DPR RI Dapil Papua Pegunungan usai meresmikan rusun.

Lanjutnya, aspirasi yang sudah disampaikan oleh masyarakat melalui kepala daerah apapun ceritanya akan dipertahankan  dan perjuangkan dalam rapat bersama pemerintah agar dapat terwujud.

Ia juga mengatakan pembangunan rusun ini sempat terbengkalai karena pelaksana yang ditunjuk sebelumnya tidak melaksanakan pembangunan sesuai rancangan pembangunan. Sehingga pada kunjungan Roberth Rouw ke Wamena beberapa waktu lalu dirinya meninjau dan mengusulkan kembali ke dirjen perumahan untuk pembaruan kontrak baru.

“Semua itu adalah kerjasama kami dengan teman-teman balai yang ada karena program ini adalah program aspirasi anggota dan dikawal balai untuk bagaimana bisa dilakukan. ASN yang akan masuk di sini hanya membawa peralatan makan dan pakaian karena bisa langsung dihuni, ini sangat baik dan kita ingin kedepan semua rusun yang akan disediakan untuk ASN itu, kami harus memakai roll model yang sekarang ini ada di IKN, jadi ini miniaturnya,” tuturnya.

Tambahnya, ASN merupakan pengabdi negara dan pelayan masyarakat sehingga kebutuhan huniannya harus layak, dengan begitu ASN dapat melayani masyarakat.

“Awalnya kita pikir peminatnya tidak terlalu banyak ternyata begitu diliat ini sangat bagus, apalagi hanya membawa koper dan alat masak sudah bisa dihuni. Kelayakannya begitu bagus dan ini yang kita inginkan pemerintah harus bangun, harus bisa berikan manfaat dan kenyamanan bagi tempat huni ASN,” jelasnya. 

Selain rusun, Jayawijaya juga mendapatkan bantuan rumah rakyat dan pembangunan jalan. Rumah rakyat yang dibangun di Distrik Walaik sendiri pengerjaannya telah memasuki tahap  seratus persen.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Bupati Jayawijaya Thony Mayor,S.Pd.,MM menyampaikan terima kasih kepada Robert Rouw yang telah mengawal aspirasi masyarakat dan pemerintah Jayawijaya.

“Jadi bukan hanya rumah untuk ASN tapi kita juga dapat bantuan rumah untuk masyarakat, jalan di daerah Kurulu dan beberapa kegiatan lain,” katanya.

PJ bupati juga mengatakan, banyak ASN yang sangat berminat untuk menempati rusun ini namun dirinya tidak ingin terjadi pendobolan dalam kepemilikan rumah dan unit rusun.

“Nanti walaupun saya sudah tanda tangan SK saya akan cek. Jadi kita kasi untuk yang lain yang belum punya rumah dinas, jangan lagi rangkap. Karena rumah ini tempat transit sehingga diharapkan untuk penghuni yang tinggal setelah pensiun harus keluar, tidak mungkin tinggal terus karena ini barak. Jadi nanti kita juga keluarkan tata tertib melalui dinas perumahan supaya ada aturan yang mengatur,” tuturnya.

Dalam pengelolaan rusun ini, pihak balai akan memfasilitasi pengelola rusun untuk mendapatkan pelatihan terkait tata cara pengelolaan rusun.

“Terimakasih kepada bapak Rouw  dan kepala Balai yang sudah datang dan mengawal pembangunan rusun ini hingga selesai dengan baik dan dilengkapi juga dengan perabot. Terima kasih  untuk semua tokoh masyarakat, orang-orang tua yang menjaga bangunan di sini. Sebagai ASN yang menempati tempat ini harus ikut melihat masyarakat kita yang ada di sekitar sini untuk bisa menyampaikan aspirasi mereka karena mereka juga sudah mendukung kita,” pungkkasnya. (VIN/FE)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top