Perpanjangan Run Way 15 Bandara Wamena Mulai Dikerjakan

WAMENA - Perpanjangan Bandar Udara Wamena resmi dilakukan, perpanjangan landasan Run Way 15 ini rencananya akan diperpanjang 150 meter dengan lebar 48 meter, dan telah resmi mulai dikerjakan pada tanggal 27 September.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Dr.Velix V. Wanggai,S.I.P.,M.P.A saat mengoperasikan alat berat sebagai tanda dimulai proses pengerjaan Run Way 15 Bandara Wamena

Foto : Vina Rumbewas

Penjabat Gubernur Papua Pegununga, Dr.Velix V. Wanggai,S.I.P.,M.P.A mengungkapkan bahwa anggaran untuk kegiatan ini dialokasi pembiayaan melalui APBD Provinsi Papua Pegunungan tahun 2024. Dan dalam proses pembangunan ada perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan, dan proyek ini tentu sudah mengalami proses perencanaan yang cukup matang tinggal bagaimana proses eksekusi di lapangan.

“Tentu kita berharap dalam tiga bulan ini ada langkah percepatan, sehingga kita berharap nanti pihak ke tiga dapat melakukan langkah-langkah mobilisasi mekanisme managmenet project yang harus cepat, mengingat ini di tengah kota sehingga dapat diatur pola kerjanya, baik sift pertama, kedua, dan ketiga dalam sehari,” ungkap beliau kepada wartawan di Wamena baru-baru ini.

Beliau juga mengatakan, diharapkan pihak ke tiga bisa mengatur waktu yang lebih terukur, sehingga diakhir desember sudah dapat selesai dan nantinya akan disempurnakan di awal Januari.

Terlaksanakan pekerjaan ini kata Pj Gubernur merupakan hasil dari kolaborasi antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan, Bappenas, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, serta simpul-simpul masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Kama atau pun para Pimpinan Kepala Suku di daerah itu. Dengan adanya kebersamaan ini dapat dilakukan langkah-langkah untuk percepatan pembangunan di Papua Pegunungan.

“Alokasi yang direncanakan sekitar Rp.17-20 milyar, sudah termasuk perencanaan dan pengawasan. Dan pembangunan ini juga sesuai dengan master plane yang sudah disusun oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementrian Perhubungan dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya sebelum hadirnya Provinsi ini.  sehingga langkah hari ini adalah sebetul melangkapi sebuah peta yang sudah di desain oleh pemerintah pusat maupun Pemerintah Kabupaten,” jelas beliau

Lanjut Beliau, masyarakat harus tahu bahwa Wamena siap  untuk mewujudkan, memastikan Wamena sebagai jantung, sebagai simpul sistem logistic, dan konektifitas di Tanah Papua Pegunungan, sehingga melengkapi peran dari Sentani dan Timika.

“Kita bisa ada akses penerbangan nasional dari Jakarta dan juga ke Wamena ataupun Jayawijaya, dan satu saat mimpi kita yang kita letakan didalam perencanaan pembangunan jangka panjang 2025-2045 Provinsi Papua Pegunungan bahwa peran bandar udara Wamena akan menjadi status bandara internasional di Tanah Papua.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayawijaya Thony Mayor,S.Pd.,MM menyatakan Pemerintah Jayawijaya mendukung penuh perpanjangan landasan bandar udara Wamena ini.

“Sebagai Ibu Kota Provinsi kita Kabupaten Jayawijaya butuh pembangunan karena akses ini harus kita buka dan lancar, sehingga bisa menunjang aktifitas kita.” ungkap Penjabat Bupati Jayawijaya, Thony Mayor,S.Pd.,MM usai pencanangan perpanjangan Bandara Run Way 15 baru-baru ini di Wamena.

Pj Bupati juga menambahkan, jika nantinya Bandara Wamena sudah memadai maka tidak menutup kemungkinan bandara ini  dapat didarati pesawat berbadan lebar.

“Bisa jadi kita untuk akses keluar kita tidak lagi singgah di Jayapura tapi bisa penerbangan langsung. Ini akan mempermudah kita semua,” katanya.

Lanjutnya hal ini tentu akan sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi Jayawijaya.

“Kami Pemerintah Kabupaten Jayawijaya dan saya atas nama masyarakat menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan dalam hal ini bapak Pj Gubernur beserta jajaran dan juga Kementerian Perhubungan dalam hal ini kabandara beserta jajaran,”. (VIN/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top