Dinas Komunikasi dan Informatika Melaksanakan FGD Infrastruktur dan Teknologi mengenai Penggunaan Internet di lingkungan OPD Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayawijaya membuat kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) Infrastruktur dan Teknologi mengenai Penggunaan Internet di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Jayawijaya yang bertempat di Ruang Rapat Diskominfo Laintai 3 Kantor Bupati Jayawijaya, Rabu (18/09/24).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Arklaus Windesi,S.Sos, M.Si dan di hadiri oleh peserta User Pengelola Jaringan Internet di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Kadis Kominfo Jayawijaya, maksud di laksanakan forum diskusi adalah terkait dengan penggunaan internet di OPD dan Infrastruktur Jaringan yang ada di Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Kegiatan Forum Grup Diskusi (FGD) Infrastruktur dan Teknologi mengenai Penggunaan Internet di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Jayawijaya

Foto : Diskominfo Kabupaten Jayawijaya

“Tujuannya adalah untuk menyamakan persepsi antara Pengguna/ pengelola jaringan, karena selama ini banyak yang berpikir bahwa bandwidth yang kita sewa dari Pemerintah Daerah ke Moratel itu ada 100 mbps namun kita sudah kurangi ke 50 Mbps atas kebijakan Pemda Daerah” ungkap kadis Kominfo.

Kadis Kominfo juga menjelaskan bahwa untuk jalur PRT (Palapa Ring Timur) dipancarkan mulai dari yahukimo ke itlay hisage yang dibangun di Kampung Miami kemudian dipancarkan ke Tower NOC yang ada di jalan bhayangkara di samping SMP/SMA PGRI. Kemudian ada Radio yang akan di pancarkan ke Radio penerima di Gedung Otonom. Karena melalui Gelombang radio maka ketika cuaca tidak bagus, jaringan yang kita dapat sangat terbatas, jadi tidak full 100 paling di 97- 98 mbps, belum lagi distribusi ke OPD-OPD itu pasti akan semakin terbatas apalagi tahun ini kita sudah di 50 mbps.

“Untuk itu kami mengundang admin/pengelola user yang ada di OPD-OPD untuk menyatukan satu persepsi, karena terkait dengan banwidth yang dibagi ke OPD,  faktor cuaca juga mempengaruhi jaringan yang disalurkan di Tiap OPD, sehingga jangan ada dugaan pembatasan dari Dinas Kominfo” ungkap kadis Kominfo.

Foto bersama pengelola jaringan di Tiap OPD dalam Forum Grup Diskusi (FGD) Infrastruktur dan Teknologi mengenai Penggunaan Internet di Lingkungan Perangkat Daerah Kabupaten Jayawijaya

Foto : Diskominfo Kabupaten Jayawijaya

Kadis Kominfo berharap ke depan Pemerintah Pusat bisa memperhatikan bagaimana caranya supaya ada fiber optik dari Jayapura lewat Senggi ke Yalimo-Jayawijaya untuk Provinsi Papua Pegunungan, supaya bisa sama Dengan Provinsi lain seperti di Jayapura.

“Saran kami Pemerintah Pusat mungkin bisa melihat ini, punya rencana ke depan mungkin lewat jalur darat untuk FO karena sementara pembangunan jalan trans Papua, mungkin bisa dibarengi dengan FO ke wamena, karena kalau kita masih tembak radio, kendala yang sama dan sebesar apapun bandwidth yang disediakan, faktor cuaca akan sangat mempengaruhi.” kata Kadis Kominfo. (AgW/AW)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top