Warga Asologaima Antusias Belanja di GPM yang Digelar Pemda Jayawijaya

WAMENA – Guna menjangkau masyarakat pelosok dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok seperti Beras, gula, minyak goreng dan bahan pokok lainnya, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar Gerakan Pangan Murah di Distrik Asologaima, tepatnya di Pasar Kimbim, Kabupaten Jayawijaya-Provinsi Papua Pegunungan, Sabtu (14/09/2024).

Penjabat Bupati Jayawijaya Thony M.Mayor,S.Pd,MM saat meninjau langsung Pelaksanaan GPM di Distrik Asologaima, Kab.Jayawijaya-Prov.Papua Pegunungan.

Foto: Vina Rumbewas

Gerakan Pangan Murah bertujuan untuk menstabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi, mengingat Jayawijaya masih menjadi Kabupaten dengan tingkat inflasi yang tinggi.

Pasar murah yang berlangsung selama sehari ini menarik antusias masyarakat Asologaima yang datang berbelanja berbagai bahan pangan dan kebutuhan pokok.

“Kita lakukan GPM ini untuk masyarakat, bahan pokok yang dijual seperti beras, minyak goreng, gula, dan lainnya dijual dengan harga dibawah pasaran. Harga ini lebih murah karena barang disubsidi oleh Pemerintah Pusat,” ungkap Penjabat Bupati Jayawijaya Thony M.Mayor, S.Pd,MM saat membuka GPM.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Jayawijaya juga menunjuk beberapa anak-anak asli daerah Jayawijaya untuk menjadi penyalur. Hal ini untuk memberdayakan pengusaha anak asli.

“Ini barang-barang subsidi sehingga harus dijual dengan harga murah, jangan berbisnis karena ini Pemerintah sudah subsidi. Kami akan lakukan evaluasi,” katanya.

Menurutnya, pemerintah Pusat sudah mengambil kebijakan hingga Kabupaten Jayawijaya bisa mendapatkan barang subsidi.

Selain bahan pokok, terdapat juga bahan bangunan yang di subsidi Pemerintrah yakni semen. Semua ini dilakukan Pemerintah untuk membantu masyarakat di daerah Papua Pegunungan.

Suasana pelaksanaan Gerakan Pasar Murah di Distrik Asologaiama,Kab.Jayawijaya-Provinsi Papua Pegunungan.

Foto: Vina Rumbewas

“Jadi saya ingatkan agar jangan sampai mencari keuntungan yang lebih banyak akhirnya menjual dengan harga pasar dan membebani masyarakat, pada hal ini Negara sudah bayar separuhnya untuk membantu masyarakat,” tegas Thony Mayor.

Lanjutnya, digelarnya GPM di daerah pinggiran berdasarkan usulan dan hal tersebut merupakan masukan yang baik untuk dapat menjangkau masyarakat kecil yang membutuhkan harga pangan yang murah.

“Ini barang subsidi sehingga harus menyentuh semua lapisan masyarakat karena kita ada 40 distrik dengan 328 kampung dengan 4 kelurahan, sehingga semua punya hak yang sama  sebagai warga Jayawijaya,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Drh. I Made Putra berharap melalui Gerakan Pangan Murah dapat menekan laju inflasi.

“Gerakan pangan murah ini terselenggara atas kerjasama pemerintah Kabupaten Jayawijaya bersama Perum Bulog dan pelaku usaha Tol Laut dan Jembatan Udara Timika-Wamena. Sebenarnya ada 4 pelaku usaha tetapi yang bisa berpartisipasi di pasar Kimbim hari ini hanya 2 yaitu  Toko Gores,” ungkapnya.

Gerakan pangan murah ini rencananya akan terus dilakukan di distrik-distrik.

Komoditas yang dijual di GPM ini harganya jauh dari harga pasaran, misalnya beras dengan kemasan 5 Kg dijual dengan harga Rp.57 Ribu, Gula Rp 12 Ribu per kilo, Minyak Goreng Rp 12 Ribu per liter, Garam 500 gram Rp 5 Ribu per bungkus, sementara Mie Instan harga pasaran Rp 5 Ribu per bungkus di GPM dijual dengan harga Rp 3 ribu per kemasan.

Ini bertujuan untuk meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian di Distrik Asologaima dan perputaran ekonomi meningkat,” (farida e.f/Vin)

    Cari Berita

    Pengumuman

    Siaran Pers Pendaftaran CPNS Dibuka Mulai 20 Agustus 2024 Pukul 17.08.45 WIB

    Pengumuman Seleksi Penerimaan CPNS Kab. Jayawijaya TA. 2024

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    top