Wapres Ma’ruf Amin Resmi Canangkan Pembangunan KIPP Provinsi Papua Pegunungan

WAMENA - Wakil Presiden Republik Indonesia K.H.Ma’ruf Amin resmi melakukan pencanangan beberapa program strategis salah satunya pencanangan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Provinsi Papua Pegunungan.

Tanda dimulainya pembangunan kawasan pemerintahan ini dilakukan langsung oleh Wakil Presiden disila-sela kunjungannya di Wamena Ibu Kota Provinsi Papua Pegunungan, Rabu (05/06/2024), yang mana dalam kunjungan ini Wakil Presiden disambut langsung oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA beserta Istri.

Wapres RI K.H.Ma’ruf Amin saat melakukan pencanangan beberapa Program Strategis Nasional di Papua Pegunungan

Foto : Vina Rumbewas

Selain pencanangan KIPP, dilakukan juga pencanangan pembangunan landasan pacu Bandara Wamena, pembangunan jalan nasional Trans Papua Wamena-Jayapura, kawasan Centra Pangan Kabupaten  Jayawijaya, program Ketenaga Listrikan di Kabupaten Lanny Jaya, dan Sistem Pengolahan Air Minum di Kabupaten Jayawijaya.

“Saya berharap program-program yang dicanangkan hari ini benar-benar berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan,” ungkapnya.

Dalam sambutannya Wapres RI K.H.Ma’ruf Amin juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada pemerintah dan masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan yakni bangun sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam menyusun perencanaan pembangunan daerah yang tepat. Laksanakan agenda-agenda prioritas, kearifan lokal dan konteks wilayah. Karena  menurutnya, penyusunan wilayah pembangunan daearah yang tepat akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pesan Wapres yang kedua, kepada Pemerintah Provinsi agar merumuskan strategis komprehensif dalam menurunkan tingkat kemahalan di Papua Pegunungan, percepat pembukaan isolasi wilayah guna peningkatan pelayanan dasar, dan pengembangan komoditas unggulan daerah, dengan mendorong hadirnya kawasan centra pangan guna menghasilkan stok pangan yang terjangkau sesuai kebutuhan masyarakat. pastikan langkah-langkah teknis persiapan dan pelaksanaan pembangunan centra sarana prasarana pemerintahan provinsi di tahun 2024 berjalan dengan baik.

“Saya minta pemerintah Provinsi Papua Pegunungan untuk terus membuka ruang komunikasi dengan masyarakat dalam mendukung percepatan pembangunan daerah,” tambahnya.

Masih lanjut Wapres RI K.H.Ma’ruf Amin, komunikasikan narasi positif secara intensif dan inklusif untuk menangkal berita bohong yang kontra produktif dengan upaya pemerintah membangun perdamaian dan kesejahteraan di Papua.

Bangun terus kepercayaan masyarakat melalui pendekatan kultural dan keagamaan, terus rawat rumah besar Papua Pegunungan di atas landasan kasih antar sesama.

“Semoga pencanangan program strategis nasional dan program strategis Papua Pegunungan hari ini menjadi penanda dimulainya upaya dan tekad untuk membangun kesejahteraan masyarakat di seluruh pelosok provinsi Papua Pegunungan,” pungkasnya.

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA dalam sambutanya menyatakan bahwa atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat dirinya menyampaikan terimakasih atas kunjungan wakil Presiden beserta Istri Wury Ma’ruf Amin, yang juga menyempatkan mengunjungi para pelaku ekonomi kreatif di Papua Pegunungan dan menyapa langsung anak-anak bola berbakat.

“Atas nama pemeirntah provinsi Papua Pegunungan kami sangat senang sekali dengan kunjungan bapak Wakil Presiden di Lembah Baliem Papua Pegunungan ini. Kami ucapkan terimakasih karena atas kebijakan dari negara baik Pemerintah Pusat, dan DPR RI yang telah memberikan kebijakan khusus yakni sebuah afirmasi untuk percepatan pembangunan di Papua Pegunungan,”. (VIN/FE)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top