Pemprov Papua Pegunungan Dukung Tulem Jadi Kawasan Percontohan Pembangunan Pertanian

WAMENA -  Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA bersama Penjabat Bupati Jayawijaya Dr.Sumule Tumbo,S.E.,M.M, menunjau langsung lahan pertanian di Distrik Witawaya Kabupaten Jayawijaya, Selasa (28/05/2024).

Pj Gubernur Papua Pegunungan Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA bersama Pj Bupati Jayawijaya Dr.Sumule Tumbo,S.E.,M.M, saat menyemai padi di persawahan di Tulem, Distrik Witawaya-Kab.Jayawijaya.

Foto : Vina Rumbewas

Kunjungan ini juga untuk melihat progres progam pembukaan Satu Distrik Satu Hektar Lahan Pertanian yang dicanangkan Penjabat Bupati Jayawijaya di awal tahun 2024 lalu.

Pada kesempatan ini Penjabat Gubernur dan Penjabat Bupati juga berkesempatan melakukan diskusi bersama para petani dan tokoh masyarakat dan tokoh agama di daerah itu, dan diakhiri dengan penyemaian bibit padi dan memanen ikan.

“Pemerintah provinsi mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh Penjabat Bupati Jayawijaya untuk melakukan gerakan penanaman intensivikasi lahan yang tersedia, hal ini sejalan dengan kebijakan nasional yang tentu mendorong peningkatkan lapangan kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat,” ungkap Penjabat Gubenur Provinsi Papua Pegunungan, Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA kepada media di lokasi pertanian Tulem.

Lanjutnya, Pemprov Papua Pegunungan juga telah mencanangkan bahwa provinsi Papua Pegunungan adalah Provinsi Pertanian, sehingga itu tentu harus mendorong langkah terpadu untuk pengembangan pertanian.

“Kita tidak bisa membina hanya petani tetapi kemudian bagaimana kita melihat lahan yang ada seperti pengelolaan dan sebagainya. Jadi pengelolaan pertanian ini adalah pengelolaan topik yang terpadu, mulai Dari Dinas Pertanian, perhubungan, PU, UMKM, aspek jasa logistik dan konektivitas perdagangan jadi mengelolahnya secara terpadu,” jelasnya.

Sebagai pejabat yang ditugaskan sementara dengan masa tugas yang terbatas maka sebagai Penjabat Gubernur dirinya mendorong agar dari 8 Kabupaten yang ada di Papua Pegunungan harus dipetakan dan dipilih strategi yang tepat, salah satu sektor unggulan yakni pertanian.

"Kita akan mencoba membangun Model Pembangunan Pertanian secara khusus di Kabupaten Jayawijaya, jadi kami tetapkan Jayawijaya yakni Libarek, Pisugi, dan Witawaya di kawasan Tulem sebagai model percontohan,” terang pj gubernur.

Dr.Velix F. Wanggai,S.IP.,M.PA memastikan Pemprov Papua Pegunungan akan memberikan dukungan pendanaan dari beberapa sumber untuk mendukung Kabupaten Jayawijaya dan juga kelompok tani, hal tersebut sebagai bentuk komitmen Pemprov Papua Pegunungan. (VIN/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top