Sekda Jayawijaya Apresiasi Komitmen Warga Walak dan Lani untuk Perangi Miras

WAMENA - Mediasi pertikaian dua kelompok warga yang terjadi di Muai-Jayawijaya mencapai titik terang dimana kedua kelompok yakni dari kelompok Lany dan Walak sepakat berdamai.

Perdamaian ini ditandai dengan penanda tanganan kesepakatan bersama seluruh Tokoh Masyarakat, Adat, Pemuda, Pemerintah dan Aparat Keamanan.

Sekda Jayawijaya, Thony M. Mayor, S.Pd., M.M mengapresiasi upaya dan kesepakatan perdamaian kedua belah pihak, yang mana kesepakatan kedua kelompok mendukung pemberantasan miras dan ganja yang sering menjadi penyebab pertikaian pemuda.

“Kita sampaikan apresiasi karena semua Tokoh Masyarakat dan Pemerintah sepakat menanda tangani pernyataan sikap dan kita saling mendukung. Untuk penegakan hukum nanti teman-teman dari Polres karena itu tugas Polres untuk Kamtibmas dan kita berikan apresiasi komitmen ini untuk kebaikan kita bersama di Jayawijaya,” ungkap Sekda Jayawijaya, Selasa (23/01/2024).

Penandatanganan kesepakatan pemberantasan miras saat mediasi perdamaian Suku Walak dan Suku Lani

Foto : Vina Rumbewas

Menurutnya, jika Jayawijaya aman semua aktifitas ekonomi dan pembangunan berjalan lancar, sehingga perlu juga diberikan suport kepada masyarakat yang mendukung penyelenggaraan Pemerintahan agar berjalan baik, dan upaya pemberantasan miras dan ganja dapat tercapai.

“Kita Pemerintah punya kewajiban untuk melindungi masyarakat, karena amanah yang diberikan oleh rakyat untuk kita (Pemerintah) dan aparat kemanan sehingga kami berkolaborasi membangun daerah ini,” katanya.

Lanjut Thony M. Mayor, S.Pd., M.M, membangun dalam arti luas yakni bukan hanya membangun fisik tetapi juga bagaimana membangun manusia, terlebih membangun etika dan moral.

“Miras miliki dampak yang sangat negatif sehingga untuk itu kita menghimbau kepada masyarakat Jayawijaya terutama yang memproduksi miras agar mencari pekerjaan lain jangan kita membuat hal-hal yang merugikan kita sendiri,” pungkasnya. (VIN/AR) 

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top