Puskesmas Muliama diresmikan oleh Pemda Jayawijaya

Wamena - Puskesmas Muliama diresmikan oleh Pemda Jayawijaya yang dalam hal ini diwakili oleh Assisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono. M.AP. yang menghadiri ibadah syukuran Gedung Puskesmas Muliama bertempat di Puskesmas Muliama, Distrik Muliama, Kabupaten Jayawijaya. (Senin, 22/01/24).

Dalam Sambutan PJ Bupati Jayawijaya mengatakan bahwa atas nama Pemerintah Kabupaten Jayawijaya saya menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh Masyarakat Distrik Muliama, mulai dari Pemerintah Distrik, Kampung hingga seluruh masyarakat atas keberadaan Puskesmas ini. Terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang sudah turut terlibat hingga Fasilitas Kesehatan ini dapat hadir di tengah-tengah Masyarakat Distrik Muliama, yang di harapkan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan dengan mudah dan cepat.

Assisten I Sekda Kabupaten Jayawijaya, Drs. Tinggal Wusono. M.AP hadir dalam Ibadah Syukuran Puskesmas Muliama

Foto : Brian Windesi

Kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas penting yang selalu di perhatikan oleh Pemerintah Daerah sebab tingkat Kesehatan Masyarakat tentu akan memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan yang sejahtera dimana masyarakat yang sehat dapat melakukan berbagai aktifitas dengan baik, sehingga ini menjadi salah satu faktor penunjang produktifitas masyarakat, untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah mendirikan Puskesmas sebagai layanan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera, yang memberikan pelayanan Kesehatan Dasar menyeluruh, paripurna dan terpadu bagi seluruh warga yang tinggal di wilayah kerja Puskesmas.

Hari ini kita bersyukur bahwa masyarakat Distrik Muliama sudah tidak perlu lagi pergi ke Distrik lain hingga ke Kota Kabupaten dengan mengeluarkan banyak biaya serta membutuhkan waktu yang lama hanya untuk mendapatkan Pelayanan Kesehatan yang cepat dan terjangkau karena layanan Puskesmas kini telah hadir di tengah masyarakat kita. Oleh karena itu saya berharap kehadiran Puskesmas dapat benar-benar di manfaatkan oleh seluruh masyarakat muliama, akan tetapi bukan hanya di manfaatkan untuk mendapatkan layanan kesehatan, namun juga di harapkan agar seluruh warga dapat bersama-sama menjaga keberadaan fasilitas kesehatan ini, dengan menjaga setiap sarana prasarana yang ada pada Puskesmas, menjaga kebersihan lingkungan serta keamanan fasilitas dan juga tenaga kesehatan yang ada.

Dengan demikian sarana serta tenaga  kesehatan sama-sama dapat memberikan pelayanan yang optimal dan maksimal kepada seluruh warga masyarakat yang dapat di nikmati dalam jangka waktu yang lama oleh kita sendiri, anak-anak kita, sampai generasi-generasi kita berikutnya. Selanjutnya kepada kepala serta seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas muliama, di harapkan dapat memberikan pelayanan yang tulus, iklas dan maksimal sehingga masyarakat dapat benar-benar merasakan dampak kehadiran layanan Puskesmas yang dapat mengurangi angka kesakitan, serta meningkatkan kesehatan masyarakat.

Di harapkan juga agar Puskesmas Muliama dapat terus bersinergi dengan Pemerintah Distrik hingga Kabupaten dalam memberikan pelayanan kesehatan dan harus mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya hidup sehat terutama bagi ibu dan anak, karena merekalah harapan dan masa depan Distrik Muliama bahkan Kabupaten Jayawijaya.

Saya juga ingin mengingatkan kepada kita semua, bahwa dalam Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan kepada masyarakat tidak selalu berjalan dengan mulus, pasti saja ada kendala dan tantangan yang akan kita hadapi, tetapi saya yakin dan percaya dengan bekerja secara bersama-sama disertai dengan pelayanan yang tulus dan penuh kasih semua pasti akan berhasil sesuai dengan harapan kita bersama.

Saya kembali mengajak kepada seluruh masyarakat muliama agar dapat menjaga Fasilitas Kesehatan yang ada ini, yang di sediakan bagi kita serta anak cucu kita sehingga merupakan kewajiban dari seluruh warga masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah Distrik untuk dapat menjaga serta melestarikannya. Dengan peduli terhadap lingkungan dan kesehatan berarti kita turut menciptakan masyarakat yang aman dan sejahtera. Akhirnya selamat dan sukses atas keberadaan Puskesmas di Distrik Muliama.

Dalam beberapa permintaan dari ketua panitia berserta Kepala Distrik yang di sampaikan untuk pengadaan Tenaga Dokter, Tenaga Medis, Mobil Ambulance, serta memohon agar tenaga medis yang di berikan adalah anak asli dari Distrik Muliama. Semua hal itu sudah di catat dan perlu saya sampaikan bahwa semua itu nanti perlu di komunikasikan lintas OPD, jadi tidak berdiri sendiri di antara Pemerintah Daerah dan Dinas Kesehatan saja, tetapi nanti juga akan di bahas dengan OPD lain khususnya dengan BAPPEDA selaku perencana, BPKAD selaku yang mengelola keuangan dan tentunya akan kita lihat kembali terkait dengan aturan-aturan yang terkait. Kami pahami bahwa memang dalam masa pertama ini pasti banyak sekali masalah-masalah untuk itu Ibu Kapus baru yang di tunjuk, selalu berkoordinasi dengan Kepala Distrik, dengan Dinas Kesehatan, sehingga hambatan-hambatan yang ada di dalam pelayanan secepatnya bisa kita tanggulangi dan maksimalkan. Untuk menjadi ideal itu perlu waktu, tetapi saya berharap telah di registrasi puskesmas ini nanti secara keuangan dan secara kelembagaan nanti bisa secepatnya untuk dilakukan pembenahan dan pemenuhan secara bertahap. Ucap Ass I Sekda. (BW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top