Bakar Batu Bersama menutup Acara FBLB ke-31 tahun 2023

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya sukses menggelar acara Festival Budaya Lembah Baliem ke-31 di Distrik Usilimo yang ditandai dengan acara bakar batu bersama, Rabu (9/8/23).

Dalam rangkaian acara hari ke-3 sekaligus penutupan FBLB, Pemerintah memberikan atraksi-atraksi yang dilakukan oleh peserta  dari beberapa distrik di Kabupaten Jayawijaya.

Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, S.H, M.H membacakan sambutan Bupati Jayawijaya dalam Penutupan FBLB Ke-31 di Distrik Usilimo

Foto : Imanuel Sawaki

Penututupan FBLB ke-31 dihadiri oleh Bupati Jayawijaya, Wakil Bupati Jayawijaya, Dandim 1702, Kapolres Jayawijaya,  Ketua DPRD Kabupaten Jayawijaya, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Jayawijaya.

Foto : Imanuel Sawaki

Beberapa atraksi tradisional yang ditampilkan adalah atraksi perang-perangan, tarian-tarian perdamaian, karapan babi, musik tradisional pikon, permainan sikoko dan puradan, serta pameran UMKM.

Dalam sambutan Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, M.Si yang dibacakan oleh Wakil Bupati Jayawijaya Marthin Yogobi, S.H, M.H mengatakan bahwa dari pembukaan, hari kedua dan hari ke tiga, para wisatawan lokal maupun manca Negara sudah di suguhi atraksi-atraksi budaya lembah baliem yang unik.

Marthin Yogobi juga memberikan apresiasi kepada  seluruh masyarakat Jayawijaya yang telah menjaga keamanan dan ketertiban sehingga acara dapat berjalan dengan baik.

Tradisi masyarakat balim yaitu bakar batu bersama dalam penutupan FBLB di Distrik Usilimo

Foto : Imanuel Sawaki

Selain itu, Marthin Yogobi juga menuturkan bahwa dengan berjalananya kegiatan ini secara kondusif, maka festival selanjutnya dapat dilaksanakan kembali di Distrik Usilimo secara berkelanjutan.

Pada kesempatan itu juga di tutup dengan penyerahan cinderamata oleh ketua TP-PKK Yustina Yeni Banua kepada perwakilan wisatawan asing.

Dengan berakhirnya acara Festival Budaya Lembah Baliem, Pemerintah menyajikan Bakar batu bersama yang merupakan makanan khas lembah balim, dimana panitia menyiapkan 4 Kolam Wam dan 2 Kolam Ayam yang dapat dinikmati oleh seluruh pengunjung yang hadir dalam penutupan FBLB ke- 31. (AW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top