Sosialisasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Pemerintah Kabupaten Jayawijaya

Wamena - Pemerintah Jayawijaya mengadakan kegiatan sosialisasi Pelayanan Pengaduan bagi Pejabat  Pengelola Pengaduan yang dilaksanakan di Lantai 2 Gedung Aithosa Wamena, Jumat  (4/8/23).

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, S.E, M.Si turut hadir bersama Sekertaris Daerah Thony M. Mayor, S.Pd, MM dan Ombusman Perwakilan Papua sebagai Narasumber dalam kegiatan Sosialisasi  Pengelolaan Pengaduan Masyarakat.

Bupati Jayawijaya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan di sela-sela Tim Ombudsman memeriksa Kinerja Pelayanan OPD Pemerintah Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya bersama Sekda Jayawijaya dan Tim Ombudsman pada saat Sosialisasi Pelayanan Pengaduan

Foto : Agris Wistrijaya

Bupati mengungkapkan bahwa sosialisasi ini sangat penting bagi OPD-OPD di Pemerintah Kabupaten Jayawijaya untuk memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, terutama jika ada pengaduan dari masyarakat kepada OPD terkait.

“Jika ada pengaduan dari masyarakat ke OPD masing-masing, harus ada tindak lanjuti karena itu merupakan pelayanan kepada masyarakat” Ungkap Bupati Jayawijaya.

Kepala Keasistenan Bidang Pemeriksa Laporan Ombudsman RI Provinsi Papua Fernandes Jaya P.B, SP, MH mengatakan bahwa Ombudsman merupakan Lembaga Negara yang mempunyai kewenangan mengawasi Penyelenggaraan Publik baik di Pemerintahan, BUMN, BUMD serta badan swasta.

Peserta Sosialisasi Pelayanan Pengaduan di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten jayawijaya

Foto : Agris Wistrijaya

Selain itu, Ombudsman mempunyai tugas penting seperti menerima, memeriksa dan menindaklanjuti Pengaduan serta mencegah Maladministrasi.

Kepala Keasistenan juga menjelaskan bahwa Sebagai pengawas eksternal pelayanan publik, Ombudsman berperan dalam menerima dan menyelesaikan laporan pengaduan Masyarakat dan juga memastikan terpenuhinya standar pelayanan publik sesuai dengan UU nomor 25 tahun 2009.

Saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Jayawijaya masih dalam penilaian Kinerja Pelayanan OPD, yang mana terdapat 5 OPD yaitu Dukcapil, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan  Dinas PTSP dan 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Wamena Kota dan Puskesmas Hom-Hom.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, S.E, M.Si berharap untuk tahun ini Kinerja Pelayanan OPD yang di periksa oleh Ombudsman masih berada di Zona Hijau. (AW/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top