Bupati Jayawijaya Minta Dinkes Awasi Penggunaan Alkohol di Puskesmas

 WAMENA – Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE. M.SI meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan pengawasan ketat terhadap penggunaan alkohol di setiap puskesmas yang ada di wilayah itu.

Peringatan ini disampaikan Bupati pasca ditemukannya penyalahgunaan bahan cair di salah satu puskesmas di Wamena baru-baru ini.

“Penggunaan alkohol di puskesmas harus kita kurangi, karena jangan sampai disalahgunakan, karena ada laporan terjadi penyalahgunaan alkohol di puskesmas Muasatfak, tiga orang minum minuman yang dicampur alkohol yang berujung satu meninggal sedangkan yang dua masih kritis,” beber Bupati, Senin (30/01/2023).

 

Cap : Bupati Jayawijaya pada saat memimpin Apel Pagi

Foto : Vina Rumbewas

Dirinya mengingatkan para petugas kesehatan yang bertugas di puskesmas untuk lebih berhati-hati, jangan sampai petugas ada petugas nakes yang terlibat dan menimbulkan masalah.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dr.Willy Mambiyeu Sp.B mengatakan bahwa dalam melakukan pengadaan alkohol dilakukan sesuai dengan permintaan yang diajukan oleh puskesmas yang disesuaikan dengan pemakaian.

“Jadi pada saat permintaan obat mau keluar maka teman-teman dari puskesmas memasukan laporan penggunaan obat dan cairan sehingga dengan dasar itu maka didroping,” katanya.

Dijelaskannya, dalam bulan berjalan jika pihak puskesmas akan mengambil lagi obat yang sudah habis maka harus ada pelaporan dari pihak puskesmas bahwa penggunaan sudah dilaksanakan sehingga stok perlu ditambah.

“Terkait Penyalahgunaan alcohol dan obat-obatan mungkin yang bersangkutan minta atau mengambil diam-diam. Yang jelas sistem yang ada tidak bisa obat keluar tanpa ada laporan petugas,” pungkasnya. (Vin/AR)

    Cari Berita

    Pengumuman

    PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PPPK 2023

    PENGUMUMAN PENERIMAAN PPPK JF GURU DAN TENAGA KESEHATAN KABUPATEN JAYAWIJAYA TA. 2023

    Perubahan Penetapan Hari Libur dan Cuti Bersama dalam Rangka Hari Raya Natal Tahun 2018 dan Tahun Baru 2019

    SURAT EDARAN GUBERNUR PAPUA tentang Hari Libur Resmi dalam rangka menyongsong Hari Wafat Isa Almasih (Jumat Agung) dan Perayaan Paskah Tahun 2018

    Surat Edaran tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 Hijriyah 2017

    Surat Edaran Gubernur Papua Terkait Libur Hari Raya Nyepi

    top