26

Ribuan Warga Antusias Saksikan FBLB di Distrik Walesi

| 26 Agustus 2017

WAMENA  – Minat wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara untuk menyaksikan Festival Budaya Lembah Baliem di Lembah Agung Jayawijaya semakin menunjukkan peningkatan yang signifikan. Ya, pagelaran akbar yang menyedot ribuan pasang mata itu makin dikemas secara apik oleh Event Organiser (EO) yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Jayawijaya. Bahkan event ke 28 yang merupakan festival tertua di Tanah Papua ini, mengundang decak kagum audience yang menyaksikan atraksi seni budaya tradisional masyarakat Baliem. Menteri Pariwisata yang diwakili Hari Untoro Drajat selaku Ketua Tim Pengembangan Pariwisata Budaya Berkelanjutan dalam kesempatan itu mengatakan, pariwisata sangat berkaitan erat dengan adat budaya dan tradisi yang mengandung nilai artistik untuk disajikan dan dinikmati oleh setiap pengunjung dalam sebuah event berskala nasional seperti ini.
“Berdasarkan perintah Presiden pada tahun 2019 mendatang pemerintah pusat menargetkan 20 juta wisatawan manca negara dan 275 juta wisatawan nusantara berkunjung di Indonesia. “Dari segi ekonomi, pariwisata dapat meningkatkan devisa negara ,Dari sisi ekonomi pariwisata berdasarkan perintah presiden pada tahun 2019 nanti”, kata Drajat saat membuka secara resmi FBLB ke-28 di Distrik Welesi,Selasa (8/8).
Oleh karena itu lanjut Drajat, Ia berharap even FBLB ini akan mendukung daftar kunjungan dan kunjungan  pariwisata secara nasional. “Saya kira even ini sudah menjadi even nasional oleh karena itu saya merngucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang turut serta meramaikan even ini,” ujarnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo SH,MH meminta dukungan sepenuhnya dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata.
“Kami mohon dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata baik moril maupun spirituil untuk suksesnya pelaksanaan FBLB, sehingga dapat menarik minat wisatawan lebih banyak lagi untuk datang ke Papua khususnya di Kabupaten Jayawijaya,” kata Bupati Wetipo.
Wempi juga berharap, dimasa-masa yang akan datang Distrik Walesi tetap menjadi tempat kegiatan FBLB, selain baru dua kali digelar even FBLB juga memiliki panorama pemandangan yang indah dengan letak yang cukup strategis.
Dalam kesempatan yang sama Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit melakukan panah babi sebagai simbol dibukanya FBLB ke-28 Tahun 2017. Pada kesempatan itu juga dilakukan lempar tombak tradisional atau Sege, dengan melibatkan perwakilan masyarakat dari 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya, perwakilan dari tiga Kabupaten Pemekaran serta seluruh peserta pria yang hadir. Tak ketinggalan, lempar 'sege' juga dilakukan oleh pejabat tinggi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Hari Untoro Drajat, Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, Pangdam
XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit, perwakilan pejabat Kantor Gubernur Papua, Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, Wakil Bupati Jayawijaya John R. Banua dan wakil bupati Raja Ampat serta ratusan turis domestik dan mancanegara. Pada pagelaran kali ini selain warga local dari 40 distrik yang mengikuti ceremony pembukaan, juga melibatkan ratusan pelajar dari SMA St.Yosep Wamena, dengan menampilkan tarian kolosal kontemporer Papua dan tradisi perang pegunungan tengah Papua.


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

24 September 2017

Wamena – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharra...

19 September 2017

WAMENA  – Kesetaraan Gender sebagai salah satu langkah un...

19 September 2017

Wamena  – Perhatian Pemerintah Pusat terhadap masyarakat ...

19 September 2017

WAMENA  – Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH yang diw...

09 September 2017

Wamena – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berbenah diri d...

26 Agustus 2017

WAMENA  – Minat wisatawan domestik dan wisatawan mancaneg...