10 Mar

Produksi Perikanan Papua Tahun 2013 Mencapai 317.300,47 Ton

| 10 Maret 2014

 

WAMENA – Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP, M.H yang diwakili Sekda Jayawijaya Yohanes Walilo, S. Sos, M.Si mengatakan ditahun pertama kepemimpinannya bersama Wakil Gubernur proses  penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat telah diformulasikan beberapa kebijakan strategis dengan melakukan representase ulang  pembagian alokasi dana otsus serta melakukan penguatan subtansi dari kebijakan program strategis pembangunan kampung (Prospek) serta melakukan review terhadap otonomi khusus plus dan penguatan ekonomi. Hal itu dikatakan Yohanes Walilo saat melakukan pembukaan acara forum koordinasi SKPD Dinas kelautan dan perikanan se Propinsi Papua yang dihadiri Bupati Kab. Jayawijaya, Kepala Bapeda Propinsi, Ketua UP4B, Kepala-kepala Dinas, Para Akademisi Dibidang Kelautan yang berlangsung di Hotel Baliem Pilamo Senin (10/3).
  

Dikatakan, kebijakan strategi awal tahun dilakukan dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance)  dilingkungan Pemerintah Propinsi Papua. Dengan berlandaskan etos kerja yang baik, efisien, efektif dan adil dan merata disegala bidang dapat dipastikan kehidupan rakyat akan sejahtera sesuai visi dan misi Papua bangkit mandiri dan sejahtera. “Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi dan kab/kota memiliki peran yang sangat startegis untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor perikanan,” ujarnya.
   Ada empat pilar yang memiliki kapasitas dalam rangka memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi (pertanian, tambang, sektor jasa, perikanan) dan sektor perikanan merupakan salah satu pilar yang dapat meningkatkan perekonomian rakyat di Papua,” ujarnya. Hal itu bisa dilihat dari hasil produksi kelautan dan perikanan Papua yang menunjukkan grafik meningkat dari tahun ketahun sebesar 4,48%. Produksi perikanan pada tahun 2013 mencapai 311.300,47 ton, walaupun secara kumulatif nilai ekspor perikanan pada triwulan III  mencapai 17.059.083 US$ meliputi ikan dan udang,” ujarnya.
   Untuk itu Gubernur mengharapkan dengan forum ini hendaknya dapat memformulasikan beberapa kebijakan strategis dalam rangka memberikan penguatan terhadap pertumbuhan produksi perikanan di Propinsi Papua. Terutama beberapa infrastruktur pelabuhan perikanan dalam tahap pembangunan sehingga dapat dipercepat penyelesaiannya seperti di kabupaten Merauke, Asmat, Mimika dan Biak,” imbuhnya. Pelaksanaan forum koordinasi SKPD dinas Kelautan dan perikanan berlangsung selama 4 hari (10-13/3) berjalan dengan aman dan tertib sesuai yang diharapkan semua pihak.

 

 

 


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

07 Maret 2019

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, pada tahun 2019 ini akan m...

09 Maret 2019

WAMENA  – Sebagai komitmen pemeritah daerah bersama selur...

09 Maret 2019

WAMENA   – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya kembali m...

09 Maret 2019

WAMENA – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat...

09 Maret 2019

WAMENA  – Mencegah penyebaran penyakit cacingan, Dinas Ke...

05 Maret 2019

WAMENA  – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan di wilaya...