09 Mar

DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA SIAP CIPTAKAN PELATIH SENI TARI KREASI DAN LAGU ETNIK JAYAWIJAYA

| 09 Maret 2018

WAMENA – Untuk melestarikan kultur budaya di Wilayah Pegunungan Tengah Papua Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, memberikan perhatian serius terhadap perkembangan budaya seni tari dan lagu etnik Jayawijaya. Melalui instansi teknis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan diselenggarakan pelatihan menjadi pelatih (TOT) Seni Tari Kreasi dan Vocal Group Lagu Etnik Jayawijaya selama 2 hari (12-13/3) di Hotel Grand Santika yang akan dibuka oleh Penjabat Bupati Jayawijaya Doren Wakerkwa, SH.

 

Hal iitu dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya melalui Kepala Bidan Pengembangan Destinasi dan Pemasaran Pariwista, Naftali F. Rumbiak,S.S saat ditemui redaksi Sabtu (3/3) di ruang kerjanya.

 

“Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk mempersiapkan sebanyak mungkin pelatih seni tari kreasi dan pelatih vocal group lagu etnik Jayawijaya dalam ajang kegiatan Festival Seni Kreasi Jayawijaya ke-1 tahun 2018 yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang”, kata Naftali Rumbiak.

 

Kegiatan Pelatihan Menjadi Pelatih (TOT) dengan tema “Melestarikan Kesenian dan Budaya Jayawijaya di Era Zaman Now”, bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap seni dan budaya masyarakat Jayawijaya yang mulai luntur, melestarikan dan memunculkan kembali rasa kecintaan masyarakat terhadap lagu-lagu etnik Jayawijaya,” ujarnya.

 

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menargetkan akan menciptakan pelatih seni tari kreasi Jayawijaya tahun 2018 sebanyak 70 orang dan sampai saat ini yang telah mendaftarkan diri sebanyak 50 orang,” ujarnya.

 

“Ada 3 nara sumber yang akan memberi materi dalam pelatihan ini, yaitu Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Jayawijaya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata pemilik sanggar seni yang telah lama berkecimpung di dunia tari-tarian daerah khususnya kreasi tarian Jayawijaya,” kata Naftali panjang lebar.

 

“Kegiatan ini akan dijadikan sebagai program rutin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, bila setiap tahun bisa menciptakan 50 orang TOT, dalam jangka waktu 5 tahun kita dapat menciptakan 250 orang pelatih,” ujarnya.

 

“Untuk diketahui ajang Festival Seni Kreasi Jayawijaya yang akan diselenggarakan pada bulan April 2018 mendatang, akan melombakan kegiatan Tari Kreasi Jayawijaya tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi serta pemilik Sanggar/Paguyuban seni yang ada di Wamena dan lomba Vocal Group Lagu Etnik kategori umum dan campuran putra-putri dengan memperebutkan hadiah jutaan rupiah,” imbuhnya. (NR/JS)


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

19 Maret 2018

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar Monitoring dan Evaluasi Laporan Dana Des...

13 Maret 2018

WAMENA -  Untuk melestarikan kultur budaya Papua khususnya di L...

12 Maret 2018

SURAT EDARAN NOMOR 003/2644/SET

TENTANG PENETAPAN HARI LIBUR DAN CUTI BERSAMA

Ber......

12 Maret 2018

WAMENA – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Jayawijaya, akan mengirim utusan 16 Pramu...

12 Maret 2018

WAMENA - Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Jayaw...

12 Maret 2018

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya tengah mengusulkan pe...