18

Di Wamena Peringatan Hut Kemerdekaan Ri Berlangsung Aman Dan Kondusif

| 18 Agustus 2015

 WAMENA – Peringatan detik-detik proklamasi hari ulang tahun kemerdekaan Republiok Indonesia ke 70 tingkat Kabupaten Jayawijaya dipusatkan di lapangan Pendidikan Wamena bertindak selaku Inspektur Upacara Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH Senin (17/8). Upacara diikuti oleh unsur TNI, Polri, Korpri, Satpol PP, Mahasiswa, Pemuda, Pelajar, Pramuka dan siswa SD se Kabupaten Jayawijaya.

Tepat pukul 10.00 WIT upacara dimulai dengan ditandai pengibaran duplikat bendera pusaka oleh pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang terdiri dari para pelajar SMU dan SMK yang ada di kota Wamena. Pengibaran duplikat bendera pusaka oleh kelompok 8 ditandai dengan penyerahan duplikat bendera pusaka oleh Inspektur upacara Wempi Wetipo, SH, MH kepada salah seorang pelajar SMU asal Papua sebagai pembawa baki.
Prosesi selanjutnya bendera dikibarkan oleh tiga orang pelajar yang sudah menunggu di tiang bendera. Setelah bendera terbuka seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada sang merah putih dipimpin komandan upacara Lettu Inf Noer Hidayat Bastian diiringi lagu kebangsaan Indonesia.
Dibarengi dengan derap langkah yang tegap dan serentak, Paskibraka sukses melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan bendera satu tiang penuh dan disaksikan ribuan pasang mata yang hadir menyaksikan prosesi itu.

Tema Nasional HUT ke-70 Proklamasi Kemerdekaan RI adalah “ Ayo Kerja“, dengan sub tema Gerakan Nasional Ayo Kerja 70 Tahun Indonesia Merdeka.
Usai pengibaran bendera dilanjutkan dengan peringatan detik-detik Proklamasi yang ditandai dengan bunyi sirene dan lonceng selama 60 detik. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh ketua DPRD Jayawijaya Petrus Taufik Latuihamallo, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh ketua KNPI kabupaten Jayawijaya, Tenus Gombo.
Setelah upacara selesai dilanjutkan dengan upacara ziarah nasional di taman makam pahlawan Wamena dihadiri oleh Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH Wakil Bupati Jayawijaya John R. Banua, SE, M.Si, unsur muspida, pimpinan SKPD dan peserta upacara yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, PNS dan undangan lainnya. Dalam pelaksanaan upacara ziarah nasional dilakukan tabur bunga oleh Bupati Jayawijaya bersama dengan peserta upacara yang lain.
Sore harinya pukul 17.30 WIT dilakukan upacara penurunan bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Jayawijaya bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Bupati Jayawijaya John R. Banua, SE, M.Si. Tepat pukul 18.00 WIT sang dwi warna diturunkan oleh tiga orang dari kelompok 8, sementara kelompok 17 dan kelompok 45 berbaris rapih disebelah kiri dan kanan menghadap ketiang bendera untuk memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang diiringi dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.
Tidak ketinggalan unsur muspida, pimpinan SKPD, pejabat dari unsur TNI, Polri, Korpri, undangan dan seluruh peserta upacara juga memberikan penghormatan kepada bendera merah putih yang telah diperjuangkan dan dikibarkan oleh para pejuang di bumi Indonesia sejak proklamasi 17 Agustus 1945, 70 tahun yang lalu. Indonesia Merdeka, Indonesia Jaya.

 

 

 


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

01 November 2017

WAMENA - Sebanyak 39 dari 40 distrik di Kabupaten Jayawijaya, belum terjangkau internet, demikian...

01 November 2017

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya menggelar pertemuan bersama Tim Ciber Pungli yang ...

01 November 2017


WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya kembali menerima penilaian tertinggi LKPD at...

01 November 2017

WAMENA – Kepala Kantor Seksi Logistik Perum Bulog Wamena Ahmad...

24 September 2017

Wamena – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharra...

19 September 2017

WAMENA  – Kesetaraan Gender sebagai salah satu langkah un...