30

Pemda Dorong Raperda Pemberian Insentif dan Kemudahan Investor

| 30 Agustus 2016

WAMENA (HPP)- Guna memberikan kemudahan-kemudahan bagi para investor yang akan melakukan penanaman modal usaha di Kabupaten Jayawijaya, Pemda Jayawijaya berinisiatif untuk menyusun rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pemberian insentif dan pemberian kemudahan penanaman modal di Kabupaten Jayawijaya bagi para investor.
Rapat pembahasan Raperda ini berlangsung, Jumat (12/8), diruang rapat Bappeda Jayawijaya dan dihadiri oleh para pimpinan SKPD terkait. “Rapat ini merupakan finalisasi rancangan peraturan daerah tentang pemberian Insentif dan kemudahan penenaman modal di Kabupaten Jayawijaya.” Ujar Kepala Bappeda Petrus Mahuse.
Jadi tujuan dari pembentukan perda ini adalah bagaimana kedepan memudahkan pemerintah daerah dengan adanya satu organisasi perangkat daerah yang menangani tentang penanaman modal.” Kata Kepala Bappeda Jayawijaya, Petrus Mahuse,usai memimpin rapat.
Menurutnya Perda ini nantinya akan membantu Pemerintah menarik investor untuk melakukan penanaman modal, mulai dari bidang pertanian, pariwisata, industry kreatif,bidang energy terbaru, pendidikan, kesehatan, maupun bidang pertanian, peternakan dan lainnya. Raperda ini sendiri disusun mengacu pada undang-undang nomor 5 tahun 2007 dan peraturan Pemerintah nomor 45 tahun 2008. “Apabila nanti disahkan ini mungkin akan menjadi satu-satunya Perda di Provinsi Papua yang mengatur tentang insentif dan kemudahan penanaman modal,” ungkapnya.
Lanjutnya, karena pertimbangan pemerintah daerah Kabupaten Jayawijaya kedepan bisa saja ada banyak para investor baik dari negeri maupun luar negeri yang melirik potensi-potensi yang ada di Kabupaten Jayawijaya. Walaupun mungkin bukan dalam bentuk skala besar tapi dalam bentuk usaha-usaha jenis kecil dan menengah.
Pemberian kemudahan dalam Perda ini yakni semacam pemberian kemudahan dalam bentuk pengurangan Pajak, pengurangan Retribusi, kemudahan perijinan, dan kemudahan-kemudahan lainnya. “Jadi ini masih dalam bentuk rancangan yang rencananya tahun ini juga akan kita coba dorong ke DPR untuk dibahas, dan kita berharap mendapat persetujuan untuk kita tetapkan ini menjadi peraturan daerah, “tandasnya.


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

24 September 2017

Wamena – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharra...

19 September 2017

WAMENA  – Kesetaraan Gender sebagai salah satu langkah un...

19 September 2017

Wamena  – Perhatian Pemerintah Pusat terhadap masyarakat ...

19 September 2017

WAMENA  – Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH yang diw...

09 September 2017

Wamena – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus berbenah diri d...

26 Agustus 2017

WAMENA  – Minat wisatawan domestik dan wisatawan mancaneg...