16 Mar

Uptd Wamena Harus Jadi Contoh Bagi Uptd Lain Di Pegunungan Tengah

| 16 Maret 2015

Wamena - Kegiatan pengembangan ternak sudah lama diharapkan pemerintah daerah, namun tidak ada surat rekomendasi  yang jelas  sehingga pelaksanaan dilapangan kurang konsisten , oleh karena itu dengan adanya Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD), masyarakat yang hendak membeli bibit ternak dapat membelinya dengan harga yang terjangkau. Hal itu dikatakan Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo SH, MH saat meresmikan Kantor UPTD pembibitan ternak dan Balai Benih Ikan di Musaima Muai belum lama ini.

Dengan lahan seluas 5 Ha, kantor UPTD yang sudah dibangun dan dimotori dengan personil yang handal dan profesional mampu mengembangkan ternak dan bibit ikan untuk kesejahteraan rakyat. “UPTD ini secara khusus harus mampu menjadi contoh bagi rakyat di Jayawijaya dan secara umum menjadi contoh bagi kabupaten yang ada di wilayah pegunungan tengah,” kata Wempi.
Dalam jangka waktu 2 (dua) tahun kedepan UPTD yang telah diresmikan harus bisa berjalan dengan baik termasuk melengkapi fasilitas yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas. Diakuinya pengembangan ternak babi yang berkaitan erat dengan budaya masyarakat lembah baliem jangan menghentikan kegiatan yang sudah direncanakan, namun sebaliknya budaya ternak babi yang masih kental di masyarakat Jayawijaya itu justru dijadikan pemicu untuk mengembangkan ternak yang lebih baik.
”Selain itu lanjut Wempi, UPTD juga dapat menentukan harga ternak babi yang jelas dengan tujuan dapat meminimalisir datangnya bibit ternak babi dari luar serta meningkatkan daya beli masyarakat tanpa merasa terbebani,” ujarnya.
“Bibit ternak babi itu akan ditentukan dengan standar harga yang jelas oleh UPTD yang didukung oleh Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, diharapkan dalam 2 (dua) tahun mendatang sudah bisa swasembada ternak dan menjadi pusat pengelolaan ternak terbaik,” ujarnya.
Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Jayawijaya, Albert Hesegem S.IP melaporkan, selain gedung UPTD, pihaknya juga telah membangun balai pembibitan benih ikan di Musatfak dan Puskeswan di Kurulu.
Untuk di UPTD dikembangkan ternak babi, lebah madu, sapi dan ikan. Khusunya ikan yang akan dikembangkan yaitu ikan gurami dan nila,” ujarnya.
Selain dihadiri bupati Jayawijaya Wempi Wetipo SH, MH acara syukuran dan peresmian kantor Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) juga dihadiri Ketua DPRD Jayawijaya Taufik Petrus Latuihamallo, Muspida serta warga masyarakat. Dalam kesempatan itu melakukan pengguntingan pita penggunaan gedung UPTD dan meninjau lokasi ternak babi, madu, pembenihan ikan dan ternak sapi.


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

07 Maret 2019

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya terus menunjukan bukti Pela...

07 Maret 2019

WAMENA - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, pada tahun 2019 ini akan m...

09 Maret 2019

WAMENA  – Sebagai komitmen pemeritah daerah bersama selur...

09 Maret 2019

WAMENA   – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya kembali m...

09 Maret 2019

WAMENA – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat...

09 Maret 2019

WAMENA  – Mencegah penyebaran penyakit cacingan, Dinas Ke...