02 Mei

Hari Pendidikan Diharapkan Bisa Menjadi Pelita Bagi Anak Indonesia

| 02 Mei 2016

Wamena - Salah satu dukungan yang perlu kita berikan pada anak-anak Indonesia adalah memastikan bahwa apa yang mereka pelajari saat ini adalah apa yang memang mereka butuhkan untuk menjawab tantangan jamannya. Keterampilan utuh yang dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia di abad 21 ini mencakup tiga komponen yaitu kualitas karakter, kemampuan literasi, dan kompetensi.

Hari Pendidikan Nasional kita rayakan sebagai hari kesadaran tentang pentingnya kualitas manusia. Presiden Jokowi menggariskan bahwa Indonesia akan menjadi bangsa yang disegani dunia dan akan berhasil dalam berbagai kompetisi era global jika tinggi kualitas manusianya. 

Demikian sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan yang di bacakan Sekretaris Daerah Kabupaten Jayawijaya, Yohanes Walilo S.Sos, M.Si., saat Upacara Bendera memperingati  hari Pendidikan Nasional di Halaman kantor Bupati, Senin (02/05).

Lanjutnya, manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci kemajuan bangsa. Segala capaian yang kita raih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tidak lepas dari persinggungan dengan pendidikan.

Mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera. Maka memastikan setiap manusia Indonesia mendapatkan akses pendidikan yang bermutu sepanjang hidupnya sama dengan memastikan kejayaan dan keberlangsungan bangsa.

Lebih jauh dikatakan, dunia saat ini adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu. Perubahan terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup dan cara kita bekerja,

Hari Pendidikan Nasional ini kita rayakan karena kita termasuk di antara yang sudah merasakan dampaknya. Maka pada bulan Mei ini, di mana Hari Pendidikan Nasional terletak, ayo kita ikut bergerak, ikut terlibat dalam memperluas dampak pendidikan terhadap saudara-saudara sebangsa yang belum sepenuhnya merasakan kesempatan itu. 

Karena itulah pada tahun ini kita memilih tema “Nyalakan Pelita, Terangkan Cita-Cita” sebagai tema keceriaan Hari Pendidikan Nasional. Kita ingin pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi setiap anak Indonesia yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter, dan memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depannya. 

Peringatan Hari Pendidikan Nasional juga bersamaan dengan peringatan masuknya Papua ke dalam NKRI ke-53 Tahun yang ditandai dengan pelepasan balon sebagai simbol kebebasan dan perjuangan oleh Sekda Yohanes Walilo. Upacara tersebut juga dihadiri ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, TNI/Polri dan Anak-Anak Sekolah yang berlangsung hikmat. (Titus/Humas).

 


Komentar  (0)


Silahkan login terlebih dahulu untuk memberikan komentar

Jika belum terdaftar silahkan Registrasi terlebih dahulu

Atau gunakan akun google anda untuk registrasi

Berita terakhir

21 Juni 2017

Surat Edaran nomor : 003/69/69/SET

Tentang Hari Libur dan Cuti Bersama dalam rangka Hari ...

20 Juni 2017

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik I...

20 Juni 2017

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Badan Perencanaan Pembanguna...

10 April 2017

WAMENA – Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo, SH, MH yang diwakili ...

10 April 2017

WAMENA – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya melalui Kepala Dinas ...

10 April 2017

WAMENA – Untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara mudah da...